WebDev / Framework / CodeIgniter / Pengertian dan Manfaat CodeIgniter

Pengertian dan Manfaat CodeIgniter

Selamat Pagi……

Pertama kalinya Pembaca bertemu dengan penulis (Susanto). Semoga dengan perjumpaan ini dapat memberikan manfaat khususnya bagi pembaca & umumnya bagi penulis sendiri. ini yang pertama saya menulis artikel di Blogekstra, yang akan saya bahas secara kupas tuntas adalah mengenai website desain menggunakan Framework CodeIgnite (CI). Bagi pembaca yang bergelut di bidang web desain pasti tidak akan asing lagi tentang CodeIgniter, tetapi bagi orang awam pasti bertanya-tanya apa sih sebenaryna CodeIgniter (CI) ……..???
Yuk langsung saja menuju ke TKP.

CodeIgniter merupakan salah satu dari sekian banyak framework PHP yang sudah ada. CodeIgniter dikembangkan itu sendiri di kembangkan oles Rick Ellis. CodeIgniter adalah aplikasi open source (Gratis) berupa framework dengan model MVC (Model, View, Controller) yang di fungsikan untuk membuat sebuah website dinamis bebasis PHP. CodeIgniter dirilis pertama kali pada 28-02-2006. Versi stabil yang akhir ialah V 2.1.3.

Selanjutnya sedikit kita bahas mengenai pengertian dari Framework agar kita tidak bertanya-tanya …???

Framework ialah merupakan kumpulan dari fungsi-fungsi atau prosedur-prosedur & class-class yang memiliki tujuan tertentu yang sudah siap dipakai maka dapat lebih mempermudah dan cepat dalam menyelesaikan pekerjaan dari seorang programer, tanpa harus membuat fungsi/class/prosedur dari nol.

Lalu Mengapa Anda memakai Framework …???

Pertama yaitu untuk mempercepat dan mempermudah dalam pembuatan website.
Kedua yaitu Relatif memudahkan dalam proses maintenance karena sudah ada pola tertentu dalam sebuah framework (dengan syarat programmer mengikuti pola standar yang ada).
KEtiga lalu pada umumnya framework menyediakan fasilitas-fasilitas yang umum dipakai sehingga kita tidak perlu lagi membangun dari awal (contohnya validasi, ORM, pagination, multiplet database, pengaturan session, scaffolding, error handling, dan yang lainya).
Ke empat Lebih bebas dalam pengembangan jika dibandingkan dengan CMS (Content Management System).
Sekarang kita lanjudkan lagi membahas apa pengertian dari MVC (Model, View, Controller)…???

Model MVC merupakan konsep yang cukup populer dalam pembangunan aplikasi web. MVC (Model, View, Controller) itu memisahkan antara logika pembuatan kode dengan pembuatan template website/tampilan dari web. Jika kita menggunakan Model-View-Controller (MVC) menjadikan pembuatan sebuah website akan menjadi lebih terstruktur, lebih singkat atau menyingkat koding dalam pengkodingan dan lebih sederhana.

Secara sederhana konsep MVC terdiri dari 3 bagian yaitu bagian pertama yaitu Model, lalu View dan yang terakhir adalah bagian Controller. Di dalam sebuah web yang dinamis paling tidak terdiri dari 3 hal utama yang menyusunya, yaitu basis data, logika aplikasi & cara menampilkan halaman web. 3 hal itu direpresentasikan menggunakan MVC yaitu model untuk basis data lalu controller untuk logika aplikasi, dan view untuk menampilkan halaman website tersebut.

Ketiga jenis baigan itu dapat dijelaskan sebagai berikut:

View merupakan bagian yang menangani proses presentation logic. Pada web bagian ini biasanya berupa file template HTML, yang diatur controller. Sedangkan View berfungsi sebagai penerima dan merepresentasikan data kepada pengguna (user). Nah pada bagian ini tidak memiliki hak akses langsung di bagian model.
Sedangkan Model itu sendiri biasanya berhubungan langsung ke-database untuk memanipulasi data (insert, update, delete, search), menangani validasi dari controller, tetapi tidak controller itu tidak berhubungan langsung dengan bagian view. yang terakhir yaitu Controller yang merupakan bagian pengatur dari bagian model & bagian view, controller memiliki fungsi sebagai penerima request & data dari pengguna (user) kemudian menentukan apa yang akan diproses oleh aplikasi.
Lalu apa manfaatnya menggunakan CodeIgniter (CI)…….???
Ada beberapa kelebihan CodeIgniter (CI) dibandingkan dengan Framework PHP lain diantaranya :

  1. Performa sangat cepat : salah satu alasan tidak menggunakan framework adalah karena eksekusinya yang lebih lambat daripada PHP from the scracth, tapi Codeigniter sangat cepat bahkan mungkin bisa dibilang codeigniter merupakan framework yang paling cepat dibanding framework yang lain.
  2. Konfigurasi yang sangat minim (nearly zero configuration) : tentu saja untuk menyesuaikan dengan database dan keleluasaan routing tetap diizinkan melakukan konfigurasi dengan mengubah beberapa file konfigurasi seperti routes.php, config.php, namun untuk menggunakan CI dengan settingan yang standar, anda tidak perlu merubah banyak setingan di file yang ada pada folder config.php.
  3. Banyak sekali komunitas : Nah dengan adanya banyaknya komunitas CI ini, memudahkan kita untuk berinteraksi dengan yang lain, baik itu bertanya atau teknologi terbaru.
  4. Dokumentasi yang sangat lengkap : Setiap paket instalasi codeigniter sudah disertai user guide yang sangat bagus dan lengkap untuk permulaan, bahasanya pun juga mudah dipahami. Dan masuh banyak lagi yang lainnya.

Sampai disini dulu Pengertian dan Manfaat CodeIgniter. Untuk artikel berikutnya akan membahas tentang konfigurasi dan instalasi CodeIgniter.

Penulis: susanto

Foto Profil dari susanto
saya orangnya lebih suka yang sederhana, serta belajar teknologi terutama di bidang website, karena belajar teknologi itu tidak akan pernah ada habisnya.. hehehe

6 comments

  1. Foto Profil dari Wely Hariyanto

    Kalo ga salah CI itu bisa bwt bikin aplikasi web ya.. wah keren nih.
    Ditunggu artikel berikutnya

  2. Foto Profil dari Wely Hariyanto

    Kalo ga salah CI itu bisa bwt bikin aplikasi web ya.. wah keren nih.
    Ditunggu artikel berikutnya

  3. makasih akhir.y bisa ngerti juga manfaat dari CI

  4. oh jadi itu frame work ya, makasih gan infonya :D ,,

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Hari Blogger Nasional 2014

Hari Blogger Nasional: Momen Bagus Untuk Melakukan Revolusi Mental

Setelah ngeblog selama lima tahun saya merasakan ada degradasi mental yang berkaitan ...