WebDev / Pemrograman / PHP / Pengertian dan Konfigurasi PHP dengan Xampp

Pengertian dan Konfigurasi PHP dengan Xampp

Pada hari ini tertanggal 06 juni 2014 akan saya ulas kembali secara detail dari Pengertian PHP dan Konfigurasi PHP dengan Xampp, dimana kebanyakan orang dapat membangun website dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP akan tetapi mereka sering lupa dengan apa yang dinamakan PHP.

Dari permasalahan yang timbul diatas maka saya selaku penulis ingin mengingatkan anda kembali tentang apa yang dinamakan dengan  PHP.

Apasih sebenarnya PHP?
PHP itubukan pemberian harapan palsu lho. hehehe. Melainkan PHP atau Hypertext Preprosessor merupakan bahasa pemrograman berbasis web di sisi server, ketika anda mengakses sebuah alamat WEB atau URL maka webrowser akan melakukan request atau permintaan ke server. saya contohkan saya akan me-request sebuah file php www.blogekstra.com/index.php, maka webserver akan melakukan Parsing terhadap file index.php tersebut. PHP parser yang menjalankan kode-kode PHP yang terdapat pada file index.php setelah itu mengirimkan hasilnya ke web browser.

Gambaran dari Client membuka halaman website dan kemudian permintaan dari clien akan dikirimkan ke
server, setelah itu diproses maka hasilnya dari server akan dikirimkan kembali ke client yang memintanya.

gambaran dari permintaan dari clien dan pengiriman dari server

gambaran dari permintaan dari clien dan pengiriman dari server

Sejarah dari PHP

Pada tahun 1994, Orang yang bernama Rasmus Lerdorf mengembangkan sebuah perkakas yang digunakan sebagai engine parsing yang digunakan sebagai penerjemah dari beberapa macro. Nah pada saat itulah engine digunakan untuk pembuatan buku tamu, counter dan beberapa homepage. dimana ia digunakan untuk menamai engine parser tersebut dengan nama PHP/FI

Dengan adanya semangat opensource atau gratis, para pengembang dunia mencoba mengembangkan PHP. Sampai tahun 1997 lebih dari 500.000 web di dunia yang menggunakan PHP untuk mnyelesaikan masalah seperti pengkoneksian ke dalam database, untuk menampilkan content yang dinamis.

PHP 3.0 Dirilis pada tahun 1998 bulan juni. nah pada saat itulah PHP sudah mendukung multiflatform, webserver, sejumlah database, Simple Network Management Protocol (SNMP) dan Internet Message Access Protocol atau IMAP.

Cara Menggunakan PHP

Ketika anda ingin mempelajari Bahasa Pemrograman PHP, Pertama yang harus anda siapkan adalah sebuah web server. pada saat ini banyak sekali jenis web server yang dapat anda gunakan, antara lain adalah IIs, Apache, iPlanet, Omnni, Xampp dan masih banyak lagi. Setelah web server terinstall di komputer kita barulah kita install PHP sebagai modul.
Anda dapat memperoleh PHP secara Gratis dengan cara mendownload dari situs resmi PHP atau website lain yang mempunyai salinan program PHP untuk anda download.

Perlu anda ketauhui bahwa Sebelum anda menginstall PHP, terlebih dahulu anda harus menginstall web server. Setelah PHP terinstall anda dapat meletakkan source code PHp ke dalam folder yang akan di publikasikan oleh web server.

Konfigurasi

Dibawah ini adalah langkah-langkah dari instalasi PHP dengan menggunakan Xampp
Jika anda belum mepunyai file Xampp anda dapat mendownloadnya di https://www.apachefriends.org. jika sudah anda tinggak mengikuti langkah ini

1. Doubel Klik xampp.exe yang sudah anda download tadi, dan tekan install maka akan muncul seperti gamabr di bawah ini dan tunggu prosesnya samapai selesai :

cara instalasi awal xampp

instalasi awal xampp

2. Jika proses instalasi selesai maka akan muncul seperti gambar DOS di bawah ini  dan tekan enter sampai hilang gambarnya:

tampilan instalasi xamp

tampilan instalasi xamp

3.  Disisin proses instalasi sudah selesai anda tinggal menjalanka program xampp yang sudah anda install tadi dengan mengklik doubel pada shortcut xampp yang ada di desktop maka akan muncul seperti gambar di bawah ini dan anda jalankan dengan mengklik tombil start pada apache dan mysql sampai muncul tulisan running pada sisi kanan apache dan mysql

pengerian php

Cara menjalankan xampp

4. untuk pengecekan anda dapat mengetikkan alamat www.localhost/phpmyadmin pada addres bar web browser anda. apabila nampak seperti gambar di bawah ini berarti xampp sudah berhasil di install dan di gunakan.

tampilan dari phpmyadmin

5. Untuk penempatan file php anda. dengan menempatkan pada direktori C:xampp/htdocs/ seperti tampak pada gambar di bawah ini :
direktori file php

Contoh
anda buat folder dengan nama “blogekstra” pada direktori C:xampp/htdocs/.
setelah itu anda buat notepad anda. dan ketikkan koding di bawah ini

<?php
Echo ” selamat dantang di website <br>”;
Echo ” Blogekstra.com <br>”;
Echo “anda sedang membaca artikel Pengertian dan Konfigurasi PHP dengan Xampp”;
?>

Lalu simpan pada folder yang sudah anda buat tadi yaitu di folder C:xampp/htdocs/blogekstra dengan nama index .php dengan Save As Type php.

Jika sudah anda dapat menjalankanya dengan mengetikkan pada web broser anda www.localhost/blogekstra dan enter. jika anda benar maka akan tampil seperti gambar di bawah ini

tampilan program dasat php

Semoga artikel ini membantu anda dalam menyelesaikan tugas, atau menyelesaikan masalah anda. Terimakasih. Salam Semangat bagi kita semua.

Penulis: susanto

Foto Profil dari susanto
saya orangnya lebih suka yang sederhana, serta belajar teknologi terutama di bidang website, karena belajar teknologi itu tidak akan pernah ada habisnya.. hehehe

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Hari Blogger Nasional 2014

Hari Blogger Nasional: Momen Bagus Untuk Melakukan Revolusi Mental

Setelah ngeblog selama lima tahun saya merasakan ada degradasi mental yang berkaitan ...