WebDev / CMS / Joomla / Optimasi Web Joomla Agar SEO Friendly

Optimasi Web Joomla Agar SEO Friendly

Joomla SEO friendly

Salam Semangat buat anda semua, semoga sukses buat kita semu. tak perlu basa basi atau basi basa ya.. capcus ke artikel tentang bagaimana Cara optimasi web site berbasis CMS (Content Managemen System) Joomla atau cara setting Joomla agar lebih search engine friendly pada mesin pencarian seperti google, yahoo, bing dll. sebetulnya tidak rumit kok. dan Kita tidak perlu menginstal extensions atau plugin seperti halnya CMS yang lainya. Nah Joomla datang dengan berbagai kemudahan bagi para penggunanya untuk melakukan beberapa setting agar web site berbasis CMS Joomla lebih dikenali search engine.

Dapat dikatakan semua setting untuk web Joomla sudah tersedia dalam file Joomla itu sendiri. Jadi Kita dapat melakukan beberapa setting berikut ini:

1. Anda Perlu melakukan konfigurasi setting di Global Configuration

Dengan caranya kita login dulu ke halaman Administrator web joomla kita maseuk ke> Site Lalu masuk ke>Global Configuration. Nah pada parameter Site, aktifkan opsi Search Engine Friendly URLs, dalam hal ini pilih saja Yes. Begitu juga Use Apache mod_rewrite juga harus di pilih Yes (khusus pengguna Apache).

-Pada Adds Suffix URL anda dapat memilih Yes jika anda ingin url anda berakhiran .html
-Unicode Aliasses : default No
-Tuliskan nama website joomla anda dengan Site Name. Pada nama ini akan muncul di pojok kiri web browser anda.
-Tuliskan meta deskripsi di Global Site Meta Description sesuai dengan isi konten dari website anda

Isi meta deskripsi yang menggambarkan pokok dari artikel atau tema dari isi website kita tentang apa yang anda postingkan. Disini Search Engine selalu membaca bagian deskripsi, jadi pada bagian ini jangan dikosongkan.
-Tuliskan juga keyword yang sesuai dengan isi web anda pada Global Site Meta Keyword
Isi keyword-keyword andalan dari web anda di sini. Dan pisahkan dengan tanda koma (,) untuk masing-masing dari keyword anda. Anda perlu usahakan untuk menulis keyword yang terdiri dari beberapa kata-kata dan frase yang bervariasi sesuai dengan tema anda. Untuk Keyword harus mencerminkan isi dari konten web anda.

2. Selnajudnya Merubah file htaccess.txt menjadi .htaccess

Dengan cara pergi ke cPanel anda masuk ke > File Manager, lalu carilah file yang bernama htaccess.txt dan anda ubah namanya menjadi .htaccess (harus pakai tanda titik di depan htaccess). Disini anda tidak perlu melakukan perubahan apapun pada isi file ini, anda hanya cukup merubah namanya saja. Dimana file .htaccess dari bawaan Joomla sudah cukup untuk melakukan optimasi web site tanpa perlu menambah atau mengurangi apapun yang ada di dalamnya. Dengan anda merubah file htaccess ini url halaman yang tadinya panjang dan tak beraturan itu, akanĀ  berubah menjadi lebih cantik dan ganteng.
Jika anda belum mengetauhui cara untuk merubah file htaccess.txt menjadi .htaccess, saya kasih tau yaitu caranya kita copy dulu semua isi dari file htaccess.txt lalu paste ke Notepad anda. Dan beri nama .htaccess jika sudah anda tinggal upload ke public_html dan terakhir anda harus delete file htaccess.txt yang ada.

3. Isi kan meta deskripsi dan keyword di bagian Article Option

Jika anda memposting artikel di Joomla, perlu anda pastikan bahwa untuk mengisi meta deskripsi dan keywordnya yang sesua dengan artikel yang anda postingkan. Meta deskripsi ini akan mencerminkan dari isi dan maksud artikel yang anda buat. Anda juga harus Isikan keyword dan judul atau title yang akan tampil pada web browser. PAda bagian ini lah yang akan selalu dibaca oleh search engine, maka dari itu usahakan untuk selalu diisi sesuai dengna artikel anda.

5. Tambahkan sitemap ke dalam file robots.txt

Untuk File robots.txt yang ada pada Joomla dapat anda tambah dengan url sitemap yang telah anda buat sebelumnya. Untuk sebelumnya anda harus membuat sitemap terlebih dahulu. Apabila anda belum mengetahui caran pembuatanya, anda bisa membaca artikel tentangĀ  bagaimana cara untuk membuat sitemap pada joomla berikut ini.

Untuk menambahkan url sitemap ke robots.txt anda mulai dengan membuka file robots.txt yang terdapat pada cPanel web site anda. Setelah file tersebut terbuka, anda tambahkan link sitemap anda. Sebagai contohnya dapat anda lihat seperti di bawah ini:

User-agent: *
Disallow: /administrator/
Disallow: /includes/
Disallow: /installation/
Disallow: /cache/
Disallow: /modules/
Disallow: /tmp/
Disallow: /components/
Disallow: /images/
Disallow: /logs/
Disallow: /media/
Disallow: /plugins/
Disallow: /templates/
Disallow: /language/
Disallow: /libraries/

sitemap: http://www.webdev.blogekstra.com/susanto/sitemap.xml
Seperti itualah cara-cara optimasi dalam web Joomla SEO atau cara untuk setting Joomla agar web anda lebih search engine friendly. Dan jika selama ini anda belum menerapkannya, anda dapat merubah settingan website Joomla anda.

Penulis: susanto

Foto Profil dari susanto
saya orangnya lebih suka yang sederhana, serta belajar teknologi terutama di bidang website, karena belajar teknologi itu tidak akan pernah ada habisnya.. hehehe

One comment

  1. Kebetulan saya pengguna WordPress dan ingin juga berkenalan dengan Joomla. Oh ya, ada yang ingin saya tanyakan, kalau di WordPress kan ada plugin Yoast yang membantu kita dalam mengetahui apakah konten yang sudah kita buat sudah memenuhi unsur-unsur SEO on Page. Nah, kalau di Joomla, apakah ada extention atau plugin yang semacam Yoast?

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Hari Blogger Nasional 2014

Hari Blogger Nasional: Momen Bagus Untuk Melakukan Revolusi Mental

Setelah ngeblog selama lima tahun saya merasakan ada degradasi mental yang berkaitan ...