WebDev / Tutorial / Cara Mempromosikan Artikel Blog

Cara Mempromosikan Artikel Blog

Setelah tombol publish ditekan maka artikel blog akan meluncur ke dunia maya yang dihuni oleh jutaan atau bahkan milyaran manusia. Dari jumlah itu entah berapa persen yang akan mengunjungi blog dan membaca artikelnya. Ada yang menemukan artikel melalui mesin pencari dan ada pula yang membaca artikel karena meng-klik username di blog tetangga.

Kurang hepi rasanya jika artikel yang sudah kita tulis dengan susah payah kurang peminatnya. Jangan memberikan komentar, membaca saja tidak. Ini bisa dilihat dari statistik blog atau di kolom komentar. Mungkin saja ada silent reader, yaitu mereka yang berkunjung ke blog, membaca artikelnya tanpa meninggalkan jejaknya.

Di antara pengunjung blog memang ada yang bukan blogger. Mereka adalah orang-orang yang sedang mencari artikel. Mahasiswa atau pelajar membutuhkan artikel untuk keperluan tugas belajarnya. Ada juga orang awam yang mencari artikel untuk mendukung tugas atau pekerjaannya. Seorang karyawan Kedutaan Besar Republik Indonesia di sebuah negara sahabat mungkin mencari artikel tentang Nasi Tumpeng Lengkap menjelang peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia. Dia ingin menyajikan tumpeng pada acara syukuran atau untuk keperluan lomba membuat tumpeng. Dia tak perlu pinjam atau membeli buku tentang cara membuat tumpeng. Hanya dengan menulis kata Nasi Tumpeng Lengkap di browsernya maka aneka resep membuat nasi tumpeng akan muncul. Siapa yang menulis artikel “how to” tersebut? Salah satunya adalah para blogger.

Setelah tombol publish ditekan tugas seorang blogger belum selesai. Memang sih dengan keyword (kata kunci) yang pas maka sebuah artikel akan menduduki peringkat yang baik di mesin pencari (search engine) Jika artikel bisa berada di halaman pertama mesin pencari maka artikel tersebut akan mudah diketemukan. Tetapi faktanya tak semua blogger rajin melakukan riset dan membanding-bandingkan kata kunci, termasuk saya.  Jika tidak rajin mencari dan menemukan keyword maka seorang blogger harus rajin mempromosikan artikelnya dengan cara lain. Sayang kan jika artikel bagus dan bermanfaat tidak ada yang membacanya.

Kadang saya menemukan sebuah artikel yang menarik dan bermanfaat tetapi yang memberikan komentar hanya 3-5 orang blogger. Memang sih menulis artikel adalah untuk berbagi ilmu dan pengalaman. Tetapi jika yang berkomentar banyak kan bisa menambah semangat kita semakin tinggi. Itu yang saya rasakan selama lebih dari empat tahun ngeblog. Cara mempromosikan artikel blog selayaknya difahami utamanya oleh blogger pemula.

Penulis: Abdul Cholik

Foto Profil dari Abdul Cholik

7 comments

  1. Promosi artikel paling sering saya lakukan di sosial media dan sosial bookmarking, Pakdhe!

  2. betul pakde, ketika nulis trus ga ada yang komen itu rasanya sedih banget

  3. Foto Profil dari Abdul Cholik

    Perlu sering2 blogwalking Mas

  4. promosi postingan kita di medsos dan rajin blog walking ya Pak De…

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Hari Blogger Nasional 2014

Hari Blogger Nasional: Momen Bagus Untuk Melakukan Revolusi Mental

Setelah ngeblog selama lima tahun saya merasakan ada degradasi mental yang berkaitan ...