WebDev / SEO / Keyword Density Ideal untuk Optimasi SEO

Keyword Density Ideal untuk Optimasi SEO

Semua tentang mendapatkan perhatian. Orang mengenakan pakaian bagus atau tampil seindah mungkin adalah untuk mendapatkan perhatian. Untuk maju dalam kehidupan maupun dalam bisnis, maka kita perlu di urutan pertama, perlu menjadi yang paling menonjol. Prinsip kerja yang website pun sama dengan website, untuk mendapatkan trafik tinggi maka ia harus bisa tampil di halaman pertama sebuah mesin pencari atau search engine.

Dengan begitu ketatnya persaingan antara website, artikel, dan e-commerce, yang membuat kita sukses melalui internet adalah posisi kita di mesin pencari. Semakin tinggi peringkat website kita di sebuah mesin pencari, semakin besar pula jumlah kunjungan atau trafik ke website kita. Dan cara paling utama untuk mendapatkan peringkat tingggi di halaman pertama search engine adalah dengan optimasi SEO (search engine optimization) serta konten yang ditulis seperti kepadatan kata kunci (keyword density).

Keyword density dalam artikel Courtesy: www.article2u.com

Keyword density dalam artikel
Courtesy: www.article2u.com

Apa saja kriteria keyword yang bagus? Dan berapa keyword density yang seharusnya?

Kriteria keyword yang bagus dan keyword density tidak sesederhana hanya dengan mengulang-ulang kata-kata, namun Anda perlu mengetahui betul kata kunci mana yang relevan dengan website Anda. Berikut yang perlu Anda perhatikan ketika hendak menuliskan keyword:

  • Sesuaian kata kunci dengan konten yang Anda tuils. Pastikan bahwa meta tag kata kunci memiliki sekitar 900 karakter atau 25 kata.
  • Pastikan bahwa keyword density antara 3-10%. Selain itu, hindari menggunakan kata yang sama lebih dari satu kali dalam satu kalimat. Gunakan validator kata kunci untuk mengetahui persentase kepadatan pasti.
  • Coba dan maksimalkan pengunaan kata kunci di bagian setengah atas halaman Anda. Banyak spider mesin pencari yang tidak menjelajah sebuah artikel sampai melebihi 25-50% dari artikel.
  • Pastikan ejaan dari keyword Anda tepat dengan variasi yang sesuai dan juga bentuk jamaknya (jika artikel Anda dalam bahasa Inggris misalnya).

Langkah selanjutnya adalah pastikan gunakan checker kepadatan kata kunci. Ini merupakan sistem otomatis yang akan menyisir konten yang Anda tulis dan menampilkan kata-kata yang Anda gunakan. Sistem ini akan memudahkan Anda untuk membuat website Anda sempurna dan memberikan yang terbaik bagi mesin pencari dan yang spider dari mesin pencari inginkan.

Ada banyak keyword density checker di internet. Salah satunya adalah http://smallseotools.com/keyword-density-checker/. Anda cukup memasukkan URL artikel Anda atau mengcopy dan paste artikel Anda di kolom yang tersedia, lalu klik Check, selanjutnya akan terlihat kepadatan kata kunci dari artikel atau website Anda.

Ini merupakan satu-satunya caranya mengetahui bagaimana ara mengumpulkan audien atau pelanggan Anda dan keyword density checker dapat membantu Anda melewati beberapa sandungan yang menyebabkan konten atau website Anda tidak tampil di halaman pertama mesin pencari. Aturan emas dari SEO adalah kepadatan kata kunci atau keyword density, frekuensi kata kunci, pentingnya kata kunci, dan kedekatan kata kunci.

Aturan dasar utama yang perlu Anda ketahui adalah “Apa yang menjadi kata kunci dari calon konsumen Anda akan gunakan?” Kata kunci tidak boleh acak namun harus relevan dengan alur bisnis Anda. Jangan terlalu banyak juga jangan terlalu sedikit. Terlalu banyak kata kunci bisa membuat website Anda kena banned, dan terlalu sedikit kata kunci berarti mendapatkan peringkat lebih rendah dan tentu saja website Anda yang mungkin amat bagus tidak mendapatkan perhatian mesin pencari.

Untuk mengetahui kata kunci yang tepat sesuai dengan website atau konten Anda, lakukan riset kata kunci. Salah satu cara untuk melakukan riset kata kunci adalah dengan menggunakan Google Keyword Planner.

Dengan demikian, keyword density yang ideal untuk SEO perlu Anda perhatikan betul-betul agar Anda mendapatkan tempat di hati mesin pencari.

Ilustrasi: www.rankexecutives.com

Penulis: Lintang Sunu

Foto Profil dari Lintang Sunu
Seorang Financial Service Consultant di sebuah perusahaan asuransi swasta terbesar di Indonesia. Aktif dalam dunia blogging sejak tahun 2008 dan fokus pada masalah sosial, perencanaan keuangan, dan kritik sosial.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Hari Blogger Nasional 2014

Hari Blogger Nasional: Momen Bagus Untuk Melakukan Revolusi Mental

Setelah ngeblog selama lima tahun saya merasakan ada degradasi mental yang berkaitan ...