WebDev / Toko Online / 5 Tips Penting Dalam Pembuatan Web Toko Online

5 Tips Penting Dalam Pembuatan Web Toko Online

Sudah dapat diketahui bahwa toko online indonesia saat ini tergolong sangat banyak, sehingga persaingan antara jual-beli online semakin ketat. Teman saya memiliki 3 website toko online meliputi barang dan jasa, sayangnya bisnis yang dipromosikan tidak laku, why? Oke kita bahas tipsnya nanti, terlebih dulu kita bahas lebih dalam website toko online.

Dalam pembuatan website toko online meliputi banyak struktur yang harus kita kuasai. Apa saja? Yakni meliputi Konten, Produk, Alamat, Layanan Customer service dan yang terakhir adalah jasa pengirimannya. Banyak toko online yang beredar mereka hanya update produk yang ingin dijualnya saja tanpa memikirkan yang lain. Contohnya layanan customer service yang sangat tidak fast respon, apa akaibatnya? Dampaknya ialah produk yang kita jual tidak akan laku dan akan membut kita sia-sia.

pembuatan toko online

Konsep toko online itu sederhana, yaitu hanya pada konten yang tidak mencurigakan serta harga normal. Dan saya juga sering menemukan orang yang membuat website toko online mereka tidak sabar ingin mendapatkan konsumen dengan cara optimasi yang berlebihan. Inilah yang membuat saya tidak habis pikir, padahal webiste masih baru dibuat. Untuk para pembaca yang hendak ingin membuat toko online, terlebih dahulu jangan memikirkan SEO tetapi utamakan isi website anda. Ibarat anda kedatangan calon mertua tetapi anda sendiri tidak siap. Oke setelah kita bahas lebih ringkas tentang website toko online, mari kita bahas step by step  tips penting untuk membuat webiste toko online :

 1. Desain Website

Memang langkah utama yang harus anda kuasai, desain website di ibaratkan toko. Jika toko yang kita miliki sangat kotor maka konsumen tidak akan jadi beli produk anda. Sama seperti pembuatan website toko online, kita harus memperhatikan betul desain yang kita buat. Oh ya untuk desain tidak harus meniru website lain ya, kita harus kreatif dan inovatif agar tidak dikata plagiat. Apakah anda bingung mendesain website toko online? Oke saya kasih tahu cara-caranya, sebetulnya cara ini sangat gampang dan tidak harus desainer website ahli yang bisa mengerjakan, kita pun bisa.

  • Pertama usahakan website anda fast loading artinya loading di blog anda tidak berat, bagaimana caranya? Yaitu dengan cara  membuang widget yang tidak terlalu penting.
  • Yang kedua adalah kesesuaian warna pada blog anda, usahakan jangan terlalu warna yang mencolok ini akan menyebabkaan pengunjung cepat bosan carilah warna desain yang natural berkesan indah.
  • Yang ketiga yaitu jangan banyak banner-banner iklan di webiste anda. Kenapa? Ini adalah hal yang sangat buruk yang sering saya temukan. Jika anda memasang banner iklan nanti konsumen akan mengalihkan ke banner yang anda pasang.Maka dari itu jangan sekali-kali memasang banner iklan termasuk iklan PPC.
 2. Usahakan Konten Semenarik mungkin

Konten ini juga menjadi kunci utama di google. Anda harus membuat konten yang murni artinya tidak copy-paste, seperti apa yang saya katakan sebelumnya anda harus inovatif dan kreatif. Bagaimana konten yang menarik itu? Ialah artikel yang tidak hasil copy-paste, bikin penasaran pengunjung untuk dibaca dan seterusnya.

3. Lengkapi data-data Toko Online Anda

Alamat yang tertera di website toko online anda harus lengkap, begitupun alat pembayarannya, ini salah satu bentuk anda serius dalam pembuatan website toko onine. Dan juga jasa pengiriman anda harus lengkap. Perlu anda ketahu apabila point 3 tidak terpenuhi jangan berharap anda akan mendapatkan calon pembeli. Jadi anda harus betul-betul memperhatikan hal itu. Semakin terkenal toko online anda maka banyak pula saingan yang harus anda haapi.

4. Pemilihan Domain dan Alamat Website

Jarang sekali toko online yang memakai sudomain, mereka memakai domain berbayar seperti .com, co.id, web.id dst. Bagi anda yang ingin membuat toko online saran saya pakailah domain dengan co.id karena mudah dipercaya sebab jika kita  mengregister domain co.id kita kan diminta untuk melengkapi data toko diantaranya NPWP/KTP dll. Serta alamat website yang relevan dengan produk anda, tidak mungkin anda menjual produk “HP” lalu anda menamakan alamat website anda dengan “KaosMurah”. Itu sangat tidak mungkin  menurut saya.

 5. Customer Service

Ini wajib anda pasang di website toko online anda, dan jadilah CS yang ramah, “Respond Promplty” itulah kunci yang harus anda pegang. Dengan memberikan layanan CS sama saja anda memberikan sambutan yang baik kepda calon konsumen anda. Saya pernah ingin membeli sepatu via onine saat saya tanya ke CS mereka lama sekali tidak membalasnya padahal memakai YM dan terdapat keterangan CS Online. Ketika dijawab CS nya malah membalasnya dengan sangat pendek sekali, dan akhirnya saya pun tidak jadi beli ini juga keamanan serta kenyamanan saya sendiri.

Nah itulah tips penting dari saya, ilmu ini saya dapatkan dari teman saya yang berpengalaman dalam jual-beli online. Intinya “The buyer is the king” apabila toko online anda sepi jangan putus asa, dan teruslah berusaha. Salam sukses..

Penulis: Andi Prayetno

Foto Profil dari Andi Prayetno

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Hari Blogger Nasional 2014

Hari Blogger Nasional: Momen Bagus Untuk Melakukan Revolusi Mental

Setelah ngeblog selama lima tahun saya merasakan ada degradasi mental yang berkaitan ...