WebDev / Lain-lain / Data Statistik Situs Web/Blog, Perlukah Dipajang?

Data Statistik Situs Web/Blog, Perlukah Dipajang?

Mungkin adalah suatu kebanggaan tersendiri jika melihat statistik situs web/blog yang dikelola memiliki statistik yang bagus. Statistik tersebut bisa meliput jumlah kunjungan, jumlah pengunjung yang sedang online dan lain-lain. Tapi, perlukah data statistik situs web/blog tersebut dipajang?

Layanan statistik yang dapat ditemui diinternet saat ini jumlahnya sangat banyak yang mana umumnya para pengelola situs web/blog memanfaatkan Google Analytics, Histats atau Alexa dan penyedia jasa layanan statistik lainnya.

DipoDwijayaS-Gambar-widgetstatistikblogekstracom

Widget Statistik blogekstra.com

Jika Anda, para pengelola situs web/blog, memanfaatkan Google Analytics maka tidak dapat ditemukan cara yang mudah untuk menampilkan data statistik pada situs web/blog. Hal ini berbeda dengan, misalnya, Histats atau Alexa yang memang menyediakan widget untuk memajang data statistik sedemikian rupa sehingga pengunjung dapat melihat secara langsung dan menilai situs web/blog yang dikunjunginya.

Sisi positif memajang data statistik yang diperoleh dari pihak ketiga seperti Histats atau Alexa mungkin akan membuka peluang untuk memonetasi situs web/blog yang dikelola karena banyak pemasang iklan yang menilai keunggulan situs web/blog lebih karena data statistik bukan kontennya. Kedua, membuka peluang untuk bertukar tautan dengan situs web/blog yang lain. Ketiga (tapi mungkin bukan yang terakhir) adalah agar pengelola situs web/blog lebih mudah mengawasi perkembangan situs web/blog secara intensif.

Lalu, jika ada sisi positif apakah ada sisi negatifnya? Jawabannya adalah ya. Salah satunya adalah pada faktor kecepatan pemuatan situs web/blog. Jika Anda, para pengelola situs web/blog, memasang widget misalnya dari Histats atau Alexa maka akan mempengaruhi faktor kecepatan pemuatan situs web/blog. Cara mudah untuk mengetahui hal ini adalah dengan menggunakan berbagai aplikasi online seperti Pagespeed. Dengan memanfaatkan aplikasi tersebut akan dapat membantu Anda, para pengelola situs web/blog, untuk memperbaiki kecepatan pemuatan situs web/blog dan lainnya.

Dari sisi positif dan negatif yang telah dipaparkan di atas maka para pengelola situs web/blog sebaiknya tidak perlu memasang data statistik secara berlebihan, fokuslah terhadap pengembangan situs web/blog agar tampilannya menyejukkan pengunjung disertai dengan kecepatan pengaksesan konten yang cepat sehingga membuat mereka lebih kerasan untuk tinggal lebih lama dan jangan lupa untuk menyajikan konten yang memberikan manfaat positif.

Semoga bermanfaat!

Penulis: Dipo Dwijaya S

Foto Profil dari Dipo Dwijaya S

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Hari Blogger Nasional 2014

Hari Blogger Nasional: Momen Bagus Untuk Melakukan Revolusi Mental

Setelah ngeblog selama lima tahun saya merasakan ada degradasi mental yang berkaitan ...