WebDev / Lain-lain / Tips Konsep Dasar Membangun Website Blog

Tips Konsep Dasar Membangun Website Blog

Website blog (Web Blog) adalah sebuah aplikasi website yang dimanfaatkan sebagai media publikasi tulisan-tulisan pribadi, kelompok usaha, kelompok pehobi dan lain sebagainya. Pertama kali website blog dipopulerkan oleh blogger.com yang dimiliki oleh PyraLab dan kemudian diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002 lalu.

Dasar Membangun Website Blog

image by ieeeiitr.com

Website blog begitu populer dan selalu berisi konten-konten terbaru berupa tulisan maupun dokumentasi bergambar yang dipublikasikan berkala menjadi sangat disenangi pula oleh search engine besar, seperti; Google, Yahoo dan Bing. Begitu populernya, sampai-sampai hampir seluruh website dari perusahan-perusahan besar maupun perusahan-perusahan kecil didunia memakai aplikasi web ini untuk operasional usaha online mereka.

Begitu banyak kisah sukses yang telah dipublikasi sejak website blog hadir di dunia internet. Salah satunya adalah Markus Frind. Pemuda asal Vancouver, Canada, yang sukses dengan website blog Plenty of Fish-nya ini, telah menghasilkan $10,000 per hari dari hasil klik iklan Google Adsense oleh jutaan pengunjung.

Kisah sukses ini hanyalah satu diantara sekian ribu blogger yang berhasil. Anda tertarik untuk menjadi salah satu blogger sukses di tahun ini? Berikut beberapa tips konsep dasar membangun website blog yang mungkin saja dapat membantu Anda menuju kesuksesan berbisnis dengan memanfaatkan aplikasi weblog.

Sebenarnya bukanlah hal yang sulit untuk membangun sebuah website blog yang sukses. Hal dasar penting yang harus dimiliki adalah Kemauan. Melalui kemauan yang kuat akan membawa Anda menyediakan Waktu 1 hingga 2 jam untuk posting artikel di website blog ditambah dengan sedikit promosi di beberapa web iklan, web forum, social media dll.

Selanjutnya adalah Tenaga dan Pikiran, kedua hal ini dapat membantu Anda membuat konsep tulisan tentang banyak hal. Tahukah Anda bahwa, isi website blog bisa berupa tulisan dan dokumentasi foto apa saja? Kendali sepenuhnya ada pada Anda untuk mem-posting-nya ke weblog. Namun perlu diingat juga bahwa kontrol sosial tetap ada ditangan pembaca.

Sekarang kita paham tentang pentingnya kekuatan diri untuk mendukung kesuksesan sebuah website blog. Tetapi mungkin saja Anda masih belum punya gambaran tema apa saja yang bisa sukses di dunia internet. Baiklah kita maju pada tahap berikutnya. Pertama-tama kita lihat kembali pada kebiasaan atau perilaku sosial kita sebagai manusia. Bahwa, setiap umat manusia, siapapun dia, selalu membutuhkan orang lain. Itu sifat alamiah manusia. Anda bisa memanfaatkan pengetahuan ini untuk membangun sebuah komunitas online melalui website blog bagi orang-orang yang sehobi dengan Anda. Bantu mereka melalui tulisan dan diskusi di web blog Anda. Cari literaturnya. Buat satu atau dua tulisan pendek tentang itu. Tambahkan beberapa hasil jepretan kamera digital yang Anda buat sebelumnya dan posting di website blog. Minta tanggapan mereka. Umumkan ke beberapa web forum tentang artikel tadi. Dan ajaklah mereka untuk komentar atas tulisan-tulisan tersebut. Lakukan hal yang sama untuk setiap waktu Anda online dan posting artikel ke website blog. Satu kali setiap minggu sudah cukup. Konten baru yang diposting secara berkala akan cepat populer dan disukai oleh search engine seperti Google, Yahoo, dan Bing.

Anda juga bisa membangun sebuah blog khusus untuk penggemar sebuah produk. Lakukan riset atas produk tersebut dan sampaikan hasil riset Anda.

Saran. Jangan menulis tentang suatu hal secara lengkap 100%. Karena, dekripsi yang terlalu detail dan lengkap, lebih cepat dilupakan dan pengunjung weblog cenderung pergi begitu saja tanpa memberi komentar apapun di weblog, sebab keinginan memperoleh informasi telah terpenuhi dalam sekali kesempatan. Padahal komentar dari pengunjung sangat penting bagi populernya sebuah blog.

Demikian ulasan dari saya, semoga bermanfaat.

Foto Profil dari Rian Herdiana BE
Seorang yang ingin terus belajar mengenal dunia internet marketing dengan mengembangkan hobi sebagai seorang penulis junior.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Hari Blogger Nasional 2014

Hari Blogger Nasional: Momen Bagus Untuk Melakukan Revolusi Mental

Setelah ngeblog selama lima tahun saya merasakan ada degradasi mental yang berkaitan ...