WebDev / SEO / Tiga Kekuatan SEO di 2014

Tiga Kekuatan SEO di 2014

Berbicara tentang SEO (Search Engine optimation) baru-baru ini Google secara bertahap terus memperbarui mesin pencari mereka. Tidak ada strategi atau taktis khusus untuk terus bersaing menjadi peringkat yang terbaik di tahun 2014 ini.

Namun disisi lain, ahli SEO website Search Engine Journal mengatakan bahwa untuk tetap bersaing di mesin pencari ada 3 hal yang jadi kekuatan utama, diantaranya konten, link dan sosial media. Masing-masing dari tiga kekuatan SEO tersebut dapat mempengaruhi kesuksesan sebuah Blog atau website.

Kekuatan SEO 2014

Mari kita ulas Tiga Kekuatan SEO di 2014 ini:

Konten Berkualitas

Konten berkualitas disebut-sebut sebagai “SEO baru” oleh para ahli. Hal ini terlihat setelah update algoritma Panda dan Penguin Google yang sebelumnya banyak taktik yang terpopuler waktu itu pun tidak lagi bekerja pada tahun 2014 ini. Update algoritma ini telah memaksa para blogger untuk memikirkan kembali taktik SEO mereka dengan tekanan untuk membuat konten yang berkualitas sebelum dipublikasi.

Pembahasan unsur-unsur teknis lain memang perlu diperhatikan pula. Misalkan fokus pada strategi konten. Sebelum memutuskan untuk membuat dan menulis artikel, Anda perlu memahami target pasar serta kata kunci terget apa yang akan dibidik untuk memaksimalkan di mesin pencari.

Memahami kata kunci yang anda bidik merupakan hal penting untuk pengguna. Biasanya pengguna akan melihat bagusnya sebuah web atau blog adalah dari tulisan dan isinya. Semakin baik konten blog, maka reputasi blog juga akan membaik.

Membangun Link

Membangun link adalah sebuah perangkat taktik SEO untuk menghasilkan timbal balik link dari situs-situs lain untuk Anda sendiri. Link sendiri bisa dikatakan memperkenalkan pembaca luar untuk mengenal Blog atau web Anda. Kuantitas dan kualitas dalam membangun link adalah faktor utama dalam peringkat, terutama algoritma pencarian organik mesin pencari.

Kekuatan SEO di 2014 ini telah bergeser terutama dalam hal membangun sebuah link. Alih-alih berfokus membangun link secara berlebihan, ini tidak baik untuk dilakukan. Karena, web atau blog Anda akan dianggap spam dan bisa saja mesin pencari tidak akan menampilkan blog Anda di mesin pencari. Membangun sebuah link akan lebih baik dengan menciptakan konten yang berkualitas, pendekatan etis dan efektif akan meningkatkan profil dan pencarian di mesin pencari.

Sosial Media

Sebagian dari ahli SEO masih mengambil taktik cara tradisional dan terus memanfaatkan kekuatan dari sosial media. Namun, tidak semua tidak bergantung pada sosial media saja. Penargetan atau tata cara yang salah bisa saja menjadi bumerang buat Anda. Sosial media memberikan fitur yang dimana admin dapat berinteraksi dengan
pelanggannya, menaikkan branding, dan menciptakan sebuah komunitas serta dapat mengarahkan trafic ke situs web.

Strategi sosial media yang diterapkan pasti berbeda pada tiap perusaahn, hal itu tergantung pada target pasar. karena itu, ada kalanya di sosial media tidak tersedia saluran yang dapat bermanfaat bagi setiap perusaahan itu sendiri.

Optimalisasi dalam jaringan sosial media tidak selalu menjadi tujuan kekuatan SEO, namun pada algoritma 2014 ini kampanye SEO baiknya dilakukan untuk menarik pelanggan baru. Selain mempertahankan pelanggan, di sosial media juga dapat memperkuat hubungan antara pemilik atau admin dan pelanggannya.

Sebagai kesimpulan pada tiga kekuatan SEO di 2014 ini adalah dengan membuat kerangka atau tujuan yang jelas. Dimulai dengan membuat konten yang berkualitas, membangun link secara natural, dan media sosial untuk berinteraksi dan promosi.

Foto Profil dari Rian Herdiana BE
Seorang yang ingin terus belajar mengenal dunia internet marketing dengan mengembangkan hobi sebagai seorang penulis junior.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Hari Blogger Nasional 2014

Hari Blogger Nasional: Momen Bagus Untuk Melakukan Revolusi Mental

Setelah ngeblog selama lima tahun saya merasakan ada degradasi mental yang berkaitan ...