WebDev / Lain-lain / Pro dan Kontra Shared Web Hosting

Pro dan Kontra Shared Web Hosting

Sebelumnya kami telah mengulas pro dan kontra dedicated server. Untuk kali ini Blogekstra akan mengulas mengenai pro dan kontra shared web hosting. Berbeda dengan dedicated hosting, shared web hosting merupakan server yang paling umum untuk hosting website di internet. Pada setiap server, beberapa pelanggan berarti server tersebut berbagi ke semua sumber daya dari server tunggal. Sever ini membagi semua perangkat seperti Hard Drive dan RAM memori. Ini juga jelas bahwa shared web hosting ini berbagi koneksi internet yang sama. Sehingga, jika website satu pelanggan tiba-tiba mengalami lonjakan lalu lintas, ini akan mempengaruhi kinerja dari pelanggan lain di server yang sama.

Shared web hosting

Dari sebagian besar whred web hosting, pelanggan membayar sesuai dengan sumber daya yang mereka butuhkan, seperti kapasitas penyimpanan web dan jumlah bandwidth bulanan. Jumlah akun email, database dan sebagainya tentu memiliki keterbatasan. Karena server dibagi kepada beberapa pelanggan, perusahaan atau penyedia web hosting bertanggung jawab untuk menjaga segala sesuatu mengenai server tersebut baik dari hardware, perangkat lunak, dan memberikan update serta upgrade yang diperlukan.

Pro dan Kontra Shared Web Hosting

Pro

  • Harga yang ditawarkan jauh lebih murah jika dibandingkan dengan dedicated hosting
  • Web server yang digunakan bersama biasanya terus up to date dengan penyedia hosting
  • Lebih mudah terukur bila bandwidth atau penyimpanan telah besar
  • Kebanyakan shared web hosting menyediakan kepada penggunanya menggunakan panel kontrol berbasis web mudah, contohnya Cpanel
  • Perangkat lunak dan modul dasar seperti pembuatan blog dan manajemen e-mail biasanya pra-instal.

Kontra

  • Pilihan yang kurang terhadap server komponen hardware yang digunakan
  • Kinerja tergantung pada lalu lintas dan sumber daya yang digunakan oleh pelanggan lain pada server yang sama
  • Ketidakmampuan untuk menginstal kustom modul Anda sendiri atau program pada server
  • Mungkin memiliki keterbatasan sejumlah akun FTP, database mySQL dan pembatasan lainnya

Sejauh ini, aspek yang paling menarik adalah shared web hosting jika dibandingkan dengan menyewa dedicated server karena dari segi harga jauh lebih murah. Dengan banyaknya perusahaan hosting menawarkan paket hanya dengan harga beberapa dollar per bulan, dan itu sangat terjangkau bagi hampir semua orang untuk memiliki web sendiri. Selain itu, hal ini juga dapat membantu para perusahaan hosting untuk mengurus semua pemeliharaan dan upgrade, sehingga pelanggan sukup yakin bahwa semuanya up to date dan dalam kondisi kinerja yang baik.

Namun, perusahaan yang mungkin memiliki kebutuhan bandwidth yang lebih tinggi atau memerlukan kontrol yang lebih atas perangkat lunak dan modul akan mendapatkan keuntungan dari dedicated server, meskipun pada akhirnya yang dipikirkan adalah masalah harga yang lebih tinggi. Untuk yang usaha kecil dan web pribadi, menggunakan shared web hosting biasanya lebih dari cukup.

Foto Profil dari Rian Herdiana BE
Seorang yang ingin terus belajar mengenal dunia internet marketing dengan mengembangkan hobi sebagai seorang penulis junior.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Hari Blogger Nasional 2014

Hari Blogger Nasional: Momen Bagus Untuk Melakukan Revolusi Mental

Setelah ngeblog selama lima tahun saya merasakan ada degradasi mental yang berkaitan ...