WebDev / Lain-lain / Pro dan Kontra Dedicated Server

Pro dan Kontra Dedicated Server

Dedicated Server merupakan layanan hosting yang dikelola oleh penggunanya langsung untuk menyewa seluruh server dan tidak dibagi dengan siapapun. Dedicated sercer lebih fleksibel jika dibandingkan dengan shared hosting. Dengan adanya dedicated server, hal ini bisa lebih memudahkan untuk memiliki situs web sendiri. Pengguna Dedicated server memiliki kontorl penuh atas server, didalamnya termasuk pilihan operasi, perangkat keras sistem, dan lain-lain.

Dedicated Server

Dedicated Server juga dikenal dengan private server, server yang umunya disewa oleh seorang pelanggan tunggal untuk menjadi tuan rumah web secara eksklusif, sehingga sumber daya hosting sepenuhnya didedikasikan untuk satu pelanggan saja. Biaya bulanan yang dibayarkan oleh pelanggan biasanya meliputi sewa komputer server itu sendiri, pernagkat lunak yang diinstal, koneksi internet, dan pengelolaan sistem yang diperlukan.

Pro dan Kontra Dedicated Server

Pro

  • Kebanyakan memilih dedicated server karena fleksibel, pelanggan memiliki kontrol penuh atas server pribadinya
  • Dapat menginstal sistem operasi dan perangkat lunak sesuai pilihan Anda untuk pendukung
  • Mampu memilih perangkat keras dan mendasari untuk server pribadi
  • Tidak berbagi sumber daya dengan pelanggan lain, sehingga akses ke sistem memori dan bandwidth yang lebih handal
  • Kinerja lebih baik dan maksimal secara keseluruhan
  • Umumnya lebih aman, karena pelanggan tidak langsung dipengaruhi oleh virus yang berpotensial menyerang terhadap situs-situs lain.

Kontra

  • Harga Dedicated Server biasanya jauh lebih mahal
  • Memerlukan manajemen tambahan untuk mempertahankan hardware dan software
  • Biaya yang mahal untuk mengganti atau memperbaiki hardware Server

Pelanggan yang ingin memiliki tingkat kontrol atas web hosting mereka akan mendapatkan keuntungan dari memiliki dedicated server. Dengan cara ini, pelanggan dapat lebih mudah menginstal perangkat lunak atau modul yang diperlukan untuk menjalankan situs web sesuai dengan pelanggan inginkan. Karena melihat ini, perangkat keras tersebut tidak dibagi dengan pelanggan lain, keandalan dan kinerja yang dihasilkan jauh lebih baik daripada shared hosting. Sumber daya tersebut berarti dedikasi yang dihasilkan cukup baik, selain loading halaman lebih cepat dan resiko keamanan akan secara keseluruhan akan kecil.

Beberapa hal dari dedicated server adalah harga yang ditawarkan jauh lebih mahal, terutama jika Anda ingin memilih untuk membeli dan mengelola server sendiri. Biasanya dedicated server ini banyak atau lebih cocok digunakan untuk perusahaan-perusahaan dengan anggaran yang dapat mendukung kebutuhan tersebut.

Foto Profil dari Rian Herdiana BE
Seorang yang ingin terus belajar mengenal dunia internet marketing dengan mengembangkan hobi sebagai seorang penulis junior.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Hari Blogger Nasional 2014

Hari Blogger Nasional: Momen Bagus Untuk Melakukan Revolusi Mental

Setelah ngeblog selama lima tahun saya merasakan ada degradasi mental yang berkaitan ...