WebDev / Toko Online / Memilih Nama Domain Untuk Toko Online

Memilih Nama Domain Untuk Toko Online

Apakah Anda tahu apa itu domain? Domain merupakan alamat permanen sebuah situs atau alamat unik untuk sebuah website. Dari penjelasan Wikipedia sendiri, domain adalah nama unik untuk mengidentifikasi sebuah website contohnya seperti “blogekstra.com”. Domain sendiri sebetulnya banyak, tidak hanya “.com” melainkan ada juga “.net”, “.org” atau “co.id”. Jadi domain sendiri kadang-kadang bisa disebut pula dengan alamat sebuah website.

memilih nama domain untuk toko online

Bagi Anda yang ingin membeli atau masih bingung memilih nama domain untuk toko online,  mari kita simak beberapa tips memilih nama domain yang bisa menjadi sebuah referensi bagi Anda di bawah ini:

Pemilihan nama yang mudah diingat atau dibaca oleh semua orang.

Jika Anda hanya memikirkan dan member sebuah domain yang keren unik dengan menambah huruf mati atau nama dobel misalnya sepattu, atau penamaan aneh akan menyulitkan bagi konsumen. Karena kesulitan dalam menulis oleh seorang pelanggan hal ini bisa berdampak buruk dalam mesin pencari contohnya Google. Contoh, bila pelanggan mencari kata “sepatu” maka kemungkinan website Anda tidak akan nongol di mesin pencari tersebut.

Pilihlah nama domain yang bisa mewakili dan sesuai dengan tujuan apa yang ingin Anda targetkan.

Berfokus pada satu tujuan akan memudahkan mesin pencari untuk menelusuri apa yang pelanggan inginkan. Selain mudah, konsumen akan menilai sebuah website jenis apa saja usaha kita. Jika usaha Anda mempunyai lebih dari satu produk, akan lebih baik jika dipisah, misalkan Anda mempunyai jenis usaha sepatu dan baju. Anda lebih baik memiliki 2 domain untuk masing-masing usaha Anda. Sehingga untuk kata kunci yang ditarget akan memudahkan pencarian di mesin pencari seperti Google dan Yahoo.

Usahakan Anda memilih nama domain .com untuk toko online Anda
Kenapa memilih nama domain”.com”, saya punya alasan tersendiri. Memilih nama domain “.com” selain kelihatan professional, ini membuktikan keseriusan seorang penjual untuk terus mengembangkan jenis usaha yang lebih baik. Bahkan dimata seorang pelanggan, mempunyai domain “.com” kelihatan lebih professional. Sebetulnya masih banyak lagi domain untuk branding Anda.

Contoh top level domain seperti “.net”, “org” dan lain-lain bisa menjadi alternative jika pemilihan nama domain dalam “.com” sudah ada orang lain yang terlebih dahulu memakainya.

Semoga tips memilih nama domain untuk toko online ini bisa menjadi acuan untuk Anda.

Foto Profil dari Rian Herdiana BE
Seorang yang ingin terus belajar mengenal dunia internet marketing dengan mengembangkan hobi sebagai seorang penulis junior.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Hari Blogger Nasional 2014

Hari Blogger Nasional: Momen Bagus Untuk Melakukan Revolusi Mental

Setelah ngeblog selama lima tahun saya merasakan ada degradasi mental yang berkaitan ...