WebDev / Lain-lain / Keuntungan dari Virtual Private Server

Keuntungan dari Virtual Private Server

VPS atau Virtual Private Server adalah ruang khusus yang terpisah untuk suatu website yang mempunyai sistem operasi sendiri. Berbeda dengan Shared web hosting yang dimana situs Anda berbagi sumber daya server dengan situs-situs yang lain.

Keuntungan Virtual Private Server

VPSĀ  memiliki sistem operasi sendiri, Memori yang dialokasikan, dan mempunyai kekuatan lebih dalam suatu proses dan ruang penyimpanan. Virtual Private server cocok digunakan untuk pengguna bisnis maupun pribadi yang membutuhkan kinerja tinggi dan keinginan untuk kustomisasi dan kontrol namun dengan biaya yang tidak terlalu mahal seperti dedicated server.

Keuntungan Virtual Private Server

Virtual Private Server menawarkan beberapa keuntungan. Beberapa diantaranya adalah dari segi biaya yang tidak terlalu mahal, namun penggunanya masih bisa kustomisasi dan kontrol yang lebih luas.

Lebih murah daripada dedicated server: Layanan dedicated server memang mahal. Meskipun harga yang disediakan oleh setiap penyedia berbeda-beda. Dedicated server dapat memakan biaya antara $100 dan $300 per bulan. Namun, VPS sendiri dapat memakan biaya dari $15 sampai $200 per bulan. Dengan menggunakan VPS, Anda masih bisa mendapatkan sumber daya yang lebih besar dengan biaya yang rendah.

Kustomisasi dan kontrol lebih dibanding shared web hosting: penyedia hosting akan memberikan akses root pada VPS, sehingga penggunanya dapat menginstal perangkat lunak, reboot server, mengelola sistem operasi dan melakukan akses-akses lain seperti dedicated server. Selain itu, pengguna bisa memiliki kontrol atas keamanan terhadap sebuah web yang tidak dapat dilakukan di shared web hosting.

Skalabilitas: Keuntungan Virtual Private Server adalah bahwa penggunanya dapat mengubah paket layanan untuk menambah atau mengurangi memori dan daya proses untuk kebutuhan website penggunanya. Hal ini memberikan fleksibilitas yang lebih besar dibandingkan dengan dedicated server yang memiliki konfigurasi set hardware.

Kustomisasi: Menggunakan Virtual Private Server adalah pengguna dapat pilihan kustomisasi seperti halnya dedicated server. Namun, hal ini juga tergantung pada penyedia hosting Anda. Disini, Anda dapat memilih sistem operasi, jumlah memori, jumlah penyimpanan, konfigurasi RAID, bandwidth, core prosesor dan masih banyak lainnya.

Foto Profil dari Rian Herdiana BE
Seorang yang ingin terus belajar mengenal dunia internet marketing dengan mengembangkan hobi sebagai seorang penulis junior.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Hari Blogger Nasional 2014

Hari Blogger Nasional: Momen Bagus Untuk Melakukan Revolusi Mental

Setelah ngeblog selama lima tahun saya merasakan ada degradasi mental yang berkaitan ...