WebDev / SEO / Cara Submit Sitemap Blog Ke Google Webmaster

Cara Submit Sitemap Blog Ke Google Webmaster

Peta situs atau sitemap menurut Wikipedia adalah untuk membantu para webmaster yang dapat mempermudah Google dalam mengenali peta situs dalam sebuah blog atau website. Dengan seperti itu, search engine atau mesin Google dapat dengan mudah merayapi dan menjelajah halam-halaman pada sebuah website yang berada di dalamnya. Perlu diketahui, tidak hanya berlaku pada sebuah website, pada blog juga diperlukan sebuah sitemap agar mesin pencari dapat dengan mudah mendeteksi konten yang berada pada blog itu sendiri.

Sitemap atau daftar isi ini Anda dapat mengirim sebuah sitemap berbasis XML yang dapat langsung Anda kirim ke Google Webmaster. Oleh karena itu, sitemap merupakan salah satu hal yang penting untuk optimasi sebuah web atau blog. Berikut ini adalah cara submit sitemap blog ke Google Webmaster dengan cara mudah.

Pertama-tama adalah Anda harus masuk dulu ke Google Webmaster atau bisa akses melalui alamat url https://www.google.com/webmasters/ . Kemudian Anda tinggal “login” menggunakan akun Google atau Gmail.

Submit Sitemap ke Google Webmaster

Namun, jika Anda belum mempunyai akun Google Anda harus membuatnya terlebih dahulu sebelum menggunakan Google Webmaster.

Setelah Anda masuk, Anda tinggal masukkan atau harus mendaftarkan blog Anda untuk verfikasi terlebih dahulu.  Caranya tinggal klik “Add A Site” kemudian masukkan blog yang ingin Anda verifikasi.

verifikasi blog di google webmaster

Setelah Anda memasukkan url blog tersebut kemudian langkah selanjutnya adalah klik sitemap dan masukkan sitemap Anda dengan Klik “Add/Test Sitemap”. Berikut gambarnya

submit sitemap ke Google Webmaster

Jika diklik akan keluar pop up yang dapat Anda kirimkan url sitemapnya.  Untuk sitemap tersebut, terdapat berbagai ragam salah satunya format XML. Tiap engine atau CMS mempunyai sitemap yang berbeda. Contohnya format sitemap antara Blogspot dengan WordPress, Mywapblog, dan lain-lain.

Jika Anda mengirimkan sitemap untuk WordPress, Anda tinggal memasukkan alamat sitemap.xml. Sedangkan untuk blogspot, Anda bisa memasukkan alamat dibawah ini (pilih salah satu):

  • atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500 (untuk blog baru dengan total posting dibawah 500 artikel)
  • atom.xml?redirect=false&start-index=501&max-results=1000 (untuk blog dengan total posting 500 hingga 1000 artikel)
  • atom.xml?redirect=false&start-index=1001&max-results=1500 (untuk blog dengan total posting 1000 hingga 1500 artikel)

Setelah Anda memasukkan url sitemap, Anda tinggal klik test atau submit. Jika tidak ada masalah, Anda tinggal submit saja sitemap tersebut.

Sampai disini Anda sudah selesai mengirimkan sitemap tersebut. Bila ada pertanyaan atau ada hal yang kurang jelas, silahkan kirim komentar Anda dan sebisa mungkin saya akan membantu.

Foto Profil dari Rian Herdiana BE
Seorang yang ingin terus belajar mengenal dunia internet marketing dengan mengembangkan hobi sebagai seorang penulis junior.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Hari Blogger Nasional 2014

Hari Blogger Nasional: Momen Bagus Untuk Melakukan Revolusi Mental

Setelah ngeblog selama lima tahun saya merasakan ada degradasi mental yang berkaitan ...