WebDev / SEO / Cara Periksa Posisi Ranking Website di Google

Cara Periksa Posisi Ranking Website di Google

Dikarenakan Algoritma Google update secara terus menerus, dimana posisi ranking website Anda di halaman Google akan terus berubah secara signifikan. Posisi website Anda mungkin saja bisa berubah dari hari kehari atau bahkan dari minggu ke minggu. Dalam satu hari, posisi ranking website di Google untuk kata kunci yang sama pun bisa berubah. Perbedaan dalam satu hari ini website Anda bisa naik atau bahkan menurun.

Serta update algoritma, di mana peringkat website Anda di Google juga akan berbeda, sesuai dengan lokalisasi dan personalisasi. Lokalisasi adalah tempat Google mengembalikan hasil pencarian yang berbeda, atau hasil yang sama dalam urutan yang berbeda, tergantung pada lokasi (negara atau kota) dari pencari dan situs web. Misalnya, seseorang yang berbasis di Manchester yang jenis ‘Akuntan ke Google akan melihat situs yang berbeda yang tercantum dalam hasil pencarian kepada seseorang yang berbasis di Birmingham yang mencari kata kunci yang sama.

Algoritma Google yang sekarang terdapat banyak perubahan yang beberapa diantaranya sesuai dengan lokalisasi dan personalisasi. Lokalisasi tersebut adalah suatu tempat Google mengembalikan hasil pencarian yang berbeda, atau hasil yang sama dalam urutan yang berbeda, hal ini tergantung pada lokasi negara atau kota dari mesin pencari dan website. Sedangkan, personalisasi adalah dimana Google mengubah hasil pencarian dengan menampilkan sebuah kata kunci berdasarkan apa yang Google ketahui tentang pencari dari pencarian mereka sebelumnya. Hal ini dapat terjadi jika pencari telah masuk ke akun Google (Gmail, Youtube, Google+, dll) atau pengguna tersebut memakai Google Chrome. Misalkan, jika seseorang sebelumnya telah mengunjungi suatu website berkali-kali, ketika seorang tersebut mencari kata kunci yang relevan untuk situs tersebut, maka situs inilah yang akan muncul lebih atas dalam hasil pencarian.

Jika Anda ingin mengetahui posisi ranking website, Anda bisa menggunakan layanan Google Webmaster Tools. Layanan ini bisa Anda gunakan secara gratis, akurat dan praktis.

Cara Periksa Posisi Ranking Website di Goole Webmaster Tools

1. Langkah pertama adalah Masuk ke Google Webmaster Tools di https://www.google.com/webmasters/
2. Selanjutnya adalah klik situs mana yang akan Anda lihat. Jika Anda belum mendaftarkan situs atau blog ke Google Webmaster Tools, Anda harus mendaftarkannya terlebih dahulu.
3. Untuk selanjutnya, Klik pada “Search Traffic” (posisi di kiri sidebar) dan kemudian Klik “Search Queries”

Periksa Posisi Ranking Website di Google

Sebagai catatan, tayangan, klik dan nomor CTR yang ditampilkan di Webmaster Tools adalah perkiraan dari dari data yang sebenarnya. Hasil ini bisa juga berbeda dengan data yang ditampilkan dalam Google Analytics karena sistem dan jeda waktu antara angka yang dihitung dan data yang telah tersedia.

Keterangan dari gambar diatas:

A. Filter – Filter tersebut adalah untuk mendapatkan data peringkat yang cukup akurat, Anda bisa mengatur pilihan misalkan berdasarkan “web” dan pilihan lokasi misalkan “Inggris”.

B. Date Range – Semakin pendek rentang tanggal, maka hasil yang dihasilkan lebih update.

C. Queries/Impressions/Click – Gabungan total untuk rentang tanggal yang dipilih. “Queries” adalah berapa banyak kata kunci yang berbeda dari situs Anda. “Impressions” adalah berapa kali orang yang telah mengklik ke situs Anda setelah muncul dalam hasil pencarian.

D. Download This Table – Download data peringkat dari tabel yang ditampilkan. Anda bisa melakukan ini setiap 3 bulan, dan data yang lebih dari 3 bulan tidak bisa Anda download.

E. Query – Kata kunci spesifik yang menandakan peringkat situs Anda di hasil pencarian.

F. Impressions – Berapa kali situs Anda telah ditampilkan dalam hasil pencarian untuk kata kunci tertentu.

G. Cliks – Berapa kali seseorang yang telah mengklik ke situs Anda dalam hasil pencarian.

H. CTR (Click Through Rate) – Klik dibagi tayangan x 100

I. Avg. Position (Peringkat Rata-rata) – Posisi rata-rata peringkat situs Anda dalam hasil pencarian untuk kata kunci yang spesifik. Karena nomor ini adalah rata-rata, situs Anda mungkin tidak benar-benar memiliki peringkat di posisi yang tepat.

Foto Profil dari Rian Herdiana BE
Seorang yang ingin terus belajar mengenal dunia internet marketing dengan mengembangkan hobi sebagai seorang penulis junior.

One comment

  1. Terimakasih informasinya. Untuk meningkatkan queri, impressions dan click pada webmaster tools bagaimana ya gan ? Web nya semakin hari semakin turun traffiknya. Trims

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Hari Blogger Nasional 2014

Hari Blogger Nasional: Momen Bagus Untuk Melakukan Revolusi Mental

Setelah ngeblog selama lima tahun saya merasakan ada degradasi mental yang berkaitan ...