WebDev / SEO / Bahaya Optimasi Berlebihan Pada Website

Bahaya Optimasi Berlebihan Pada Website

Mungkin kita pernah melakukan ini pada saat awal-awal dalam membangun sebuah blog atau website yaitu untuk mengoptimalkan blog itu sendiri hingga mendapatkan trafik atau optimasi dalam hasil pencarian pada mesin pencari. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa faktor utama dalam membangun sebuah blog itu adalah untuk tujuan tertentu, dan sebelum itu adalah mendapatkan trafik dan hit. Jadi langkah-langkah yang dilakukan adalah optimasi, namun tidak sedikit pula yang melakukan optimasi ini dengan memanipulasi peringkat halaman web dengan dipenuhi isi kata kunci untuk memastikan peringkat yang lebih tinggi di search engine seperti Google atau Bing.

Bahaya Optimasi Berlebihan

Copyright image by pixabay.com

Melalui metode optimasi yang lebih tinggi dalam mesin pencari sangat kompetitif dan persaingan dengan yang lain begitu tinggi, hingga akhirnya etika dan persaingan sehat tampaknya sudah sedikit dan mungkin masih orang yang masih melakukan optimasi melalui hal yang tidak wajar. Sebagai contohnya adalah suatu website yang dibuat dengan kata kunci yang acak dan mengarah ke kata kunci lain seperti affiliasi, backlink, redirect dan skema link yang digunakan dengan liar. Selain itu, blogger seperti ini hanya membuat suatu posting yang hanya dipenuhi dengan kata-kata kunci dengan kombinasi unik pada setiap kata kunci atau variasi pada setiap kata kunci yang dapar diklasifikasikan sebagai konten spam.

Contoh suatu web atau blog yang optimasinya berlebihan adalah:

– Judul elemen halaman diisi kata kunci berlebihan
– String URL yang panjang dengan penuh kata kunci
– Halaman suatu webiste penuh dengan konten yang benar-benar tidak diinginkan oleh pengungjungnya
– Rendahnya kualitas dalam hal backlink

Hal ini yang membuat mesin pencari seperti Google mulai menggunakan metode penyaring konten yang dapat melihat isian dalam kata kunci sebuah halaman web yang bertujuan untuk mendapatkan trafik maksimum dan tidak adanya konten yang bermanfaat untuk pengunjung.

Bahaya Optimasi Berlebihan pada Website

Pertama adalah jika terdapat pengunjung web yang menemukan konten yang kurang berguna, maka kemungkinan ia tidak akan kembali mengunjungi web tersebut.

Kedua adalah terlalu berlebihan dalam mengisi kata kunci pada sebuah konten untuk sekarang ini adalah dinilai sebagai taktik yang tidak alami. Memang teknik seperti ini dapat memiliki keuntungan dalam jangka pendek dan akan hilang dalam jangka panjang.

Secara berkala Google terus merubah algoritmanya seperti memperhatikan isian konten dan kata kunci. Googlebot yang sekarang lebih efisien dan lebih cerdas untuk mengenal dan melihat konten yang relevan dalam sebuah web. Googlebot ini akan menghilangkan sebuah web pada mesin pencari yang terlalu berlebihan dalam optimasi kata kunci.
Dengan kata lain, isian kata kunci ini membuktikan bahwa jika terlalu berlebihan dalam optimasi sebuah web akan berdampak besar pada web itu sendiri.

Foto Profil dari Rian Herdiana BE
Seorang yang ingin terus belajar mengenal dunia internet marketing dengan mengembangkan hobi sebagai seorang penulis junior.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Hari Blogger Nasional 2014

Hari Blogger Nasional: Momen Bagus Untuk Melakukan Revolusi Mental

Setelah ngeblog selama lima tahun saya merasakan ada degradasi mental yang berkaitan ...