WebDev / SEO / Apa itu SEO Sosial?

Apa itu SEO Sosial?

Sebagian dari Anda dan mungkin sebagian orang telah mengetahui tentang SEO atau hanya sebagian telah mendengarnya saja. Bagi Anda yang baru saja mengetahui tentang SEO, SEO tidak didasarkan pada optimasi mesin pencari saja. Selain itu, Sosial Media bisa jadi optimasi untuk kebutuhan web Anda, Selain bisa mendatangkan trafik, Social Media bisa membantu menaikkan brand Anda. Contohnya situs sosial media seperti Facebook, Twitter, Pinterest yang memang didasarkan kepada penggunanya untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan pengguna lain. Selain itu, Anda bisa upload dan berbagi konten.

Seo Sosial

Hubungan dari berbagai sosial media bisa disebut SEO Sosial Media, karena tujuan utama dari SEO ini sendiri adalah dengan memanfaatkan Sosial Media untuk Meningkatkan peringkat website dan bisnis di Mesin pencari. Namun, bisa saja metode ini tidak mempengaruhi peringkat website Anda. Sebenarnya SEO Sosial ini bisa berpengaruh pada kegiatan positif pada website. Jadi, secara tidak langsung, mesin pencari akan lebih mudah dan cepat untuk menampilkan situs Anda melalui otoritas seperti Like, Tweet dan Google +1.

SEO sosial bukanlah cabang yang terpisah dari teknik SEO lain dan tidak akan menggantikan SEO tradisonal. SEO Sosial memberikan sinyal sosial yang terintegrasi ke dalam algoritma mesin pencari. Sinyal sosial memang tidak sepenting backlink dan SEO sosial ini tidak untuk waktu yang lama. Namun SEO sosial ini akan memiliki efek yang bermanfaat pada peringkat website.

Tidak ada yang tahu persis berapa banyak faktor kegiatan Sosial ini dalam menentukan peringkat website untuk kata kunci yang ditargetkan, karena tidak ada mesin pencari yang telah membuktikan kepada publik mengenai informasi ini.

Terdapat beberapa cara untuk mengingkatkan peringkat website Anda di mesin pencari dengan menggunakan SEO sosial. Diantaranya:

  • Membuat konten yang orang lain ingin berbagi juga kepada yang lain
  • Membuat kemudahan bagi orang untuk berbagi konten Anda
  • Membuat akun Sosial media seperti halaman Facebook, Twitter, dan Google+
  • Berkomunikasi dengan orang-orang melalui akun sosial media
  • berbagi konten lewat sosial media

Jika Anda melakukannya dengan baik, maka bisa saja akan ada peningkatan, karena

  • Meningkatnya “like” dan berbagi pada Facebook
  • Orang-orang akan follow akun Twitter
  • Tweet dari berbagai orang yang menyebutkan website Anda
  • Meningkatnya Google +1
  • Lingkaran Google+ terus bertambah
  • dan berbagai ulasan pada halaman Google+ Anda

Sinyal sosial positif inilah yang bisa meningkatkan peringkat website Anda di mesin pencari untuk kata kunci yang Anda targetkan.

Foto Profil dari Rian Herdiana BE
Seorang yang ingin terus belajar mengenal dunia internet marketing dengan mengembangkan hobi sebagai seorang penulis junior.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Hari Blogger Nasional 2014

Hari Blogger Nasional: Momen Bagus Untuk Melakukan Revolusi Mental

Setelah ngeblog selama lima tahun saya merasakan ada degradasi mental yang berkaitan ...