WebDev / CMS / 3 Platform Blogging Gratis – Blogger vs WordPress vs Tumblr

3 Platform Blogging Gratis – Blogger vs WordPress vs Tumblr

Banyak diantara kalian yang mungkin ingin belajar bagaimana membuat sebuah blog atau para usahawan kecil yang sedang mencari cara untuk membuat blog namun tanpa mengeluarkan banyak biaya. Oleh karena itu, kali ini BlogEkstra akan berbagi 3 platform Blogging gratis yang bisa sobat coba.

Namun sebelum dimulai, ada satu catatan yang harus sobat perhatikan yaitu terdapat beberapa kelemahan yang terdapat dari platform blogging gratis ini. Ya, kita memiliki kontrol yang terbatas pada sebuah paltform blogging itu sendiri. Menurut saya wajar juga sih, mengingat kita hanya numpang.. :P

Berikut ini 5 Platform Blogging Gratis tersebut:

1. Blogger

Platform Blogging Gratis Blogger

Image by: Google.com

Blogger merupakan sebuah platform blogging gratis dari Google. Salah satu platform yang sangat populer dan jutaan blog telah terdaftar pada platform Blogger ini.

Fitur yang terdapat pada Blogger:

  • Setup yang mudah
  • Terdapat desain template yang gratis
  • Sobat tidak perlu banyak untuk menggunakan kustom kode

Bagaimana cara daftar Blogger:

Sobat tinggal kunjungi Blogger.com dan mulailah untuk mendaftar. Jika sobat telah memiliki akun Google (Gmail, Youtube, dll) sobat tinggal masuk melalui akun tersebut.

Setelah sobat memiliki akun tersebut, sobat sudah mendapatkan hak untuk segera merancang blog dan mulai menulis artikel.

Blogger sangat cocok untuk blog informasi dan sebuah platform blogging gratis yang dapat dimanfaatkan untuk tetap berhubungan dengan teman lain sesama blogger.

2. WordPress

Platform Blogging Gratis WordPress

Image By: WordPress.com

WordPress platform blogging yang paling populer, dimana terdapat platform gratis dan premium dan sobat harus mempelajari antara WordPress.org dan WordPress.com

Keduanya gratis, namun sobat harus membeli hosting jika mendownload dari WordPress.org. Untuk WordPress.com, sobat bisa langsung mendaftar, merancang dan menulis artikel.

Seperti Blogger, WordPress tetap menawarkan beberapa paket template gratis dan kemampuan untuk menyesuaikan blog.

Fitur WordPress.com:

  • Keamanan, sistem upgrade, filter spam dan backup
  • Terdapat banyak template gratis

Bagaimana cara daftar WordPress.com:

Sobat tinggal mengunjungi situs WordPress.com dan langsung setup akun. Kemudian pilihlah nama domain, dan domain ini akan menjadi milik sobat, sebagai contoh “namadomain.wordpress.com”.

3. Tumblr

Platform Blogging Gratis Tumblr

Image By: Tumblr.com

Blogging di Tumblr mungkin bisa menjadi satu acuan bagi sobat yang sedang mencari platform blogging gratis ini. Platform blogging Tumblr bisa jadi cara termudah untuk memulai blogging. Karena Tumblr ini sebenarnya merupakan campuran dari Twitter dan WordPress atau biasa disebut dengan platform micro-blogging. Tumblr sendiri fokus terhadap pada berbagi atau”reblogging” foto pada tema tertentu.

Fitur Platform Tumblr:

  • Blog dapat langsung dari perangkat mobile, komputer desktop atau melalui email
  • Membuka konten ke khalayak luas

Bagaimana cara Mendaftar Tumblr:

Sobat tinggal menuju tumblr.com dan mulai mendaftar. Klik “Sign-Up” untuk memulai blogging. Mungkin sobat akan menghabiskan beberapa waktu untuk belajar bagaimana cara membuat blog di tumblr ini. Tumblr ini terbilang fokus pada bagian jaringan sosial, dan tentunya mempunyai perbedaan sendiri dengan platform blogging gratis yang lain.

Mungkin itu adalah sebagian dari sekian banyak platfrom blogging gratis yang tersedia, sebetulnya masih banyak yang lain seperti Blog.com, Jimdo dan lain-lain. Mungkin kedepannya saya akan berbagi platform blogging gratis yang tak kalah lainnya dengan 3 platform blogging gratis ini.

Foto Profil dari Rian Herdiana BE
Seorang yang ingin terus belajar mengenal dunia internet marketing dengan mengembangkan hobi sebagai seorang penulis junior.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Hari Blogger Nasional 2014

Hari Blogger Nasional: Momen Bagus Untuk Melakukan Revolusi Mental

Setelah ngeblog selama lima tahun saya merasakan ada degradasi mental yang berkaitan ...